menu

Thesis

Judul Thesis Modifikasi metode servqual rule base Asean University Network


ABSTRAK 

Evaluasi program studi ditingkat internasional sebagai contoh adalah ABET dan Asean Univervisty Network. AUN adalah kepanjangan dari Asean University Network, variabel yang digunakan ada 15 kriteria yaitu: Expected Learning Outcomes, Programme Specification, Programme Structure and Content, Teaching and Learning Strategy, Student Assessment, Academic Staff Quality, Support Staff Quality, Student Quality, Student Advice and Support, Facilities and Infrastructure, Quality Assurance of Teaching/Learning Process, Staff Development Activities, Stakeholders Feedback, Output, Stakeholders Satisfaction yang mengadopsi skala skor 7. Dengan menggunakan penilaian dari Asean University Network sebagai analisis data yang dikumpulkan, metode servqual untuk evaluasi cocok untuk penilaian  servqual rule base AUN. Karena AUN ada 15 kriteria dan akan ditransformasikan kedalam penilaian servqual yang hanya menjadi 5 dimensi yaitu dimensi assurance, empathy, responsive, reliability dan fasilitas sehingga mempermudah assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang diusulkan dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah program studi. Validasi mengunakan data AUN dan dibandingkan dengan analisis servqual rule base Asean University Network diperoleh nilai kolerasi yang hampir satu pola yaitu 0,985 dan perhitungan diterima karena tingkat validitas mencapai 97%.



Kata kunci: Servqual, Rule base Asean University Network, Program Studi.


Hasil Penilaian AUN dan Servqual Rulebase AUN
Untuk penelitian servqual rule base Asean University Network megunakan 3 data dari program studi yang sudah berlabel Asean University Network yaitu Teknik Mesin, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Teknik Kimia Universitas Diponegoro Semarang, berikut ini adalah pemaparan hasil uji:
1.        Program Studi Teknik Mesin
Penilaian atau hasil assessment Asean University Network Program Studi Teknik Mesin Universitas Diponegoro dengan skor 4,07 dan dengan hasil assessment servqual rule base Asean University Network yaitu dengan skor 4,07. Berikut ini adalah hasil kolerasi antara penilaian Asean University Network dengan servqual rule base Asean University Network. Hasil asssesment AUN dengan objek Teknik Mesin UNDIP yang ditunjukan pada Gambar 4.7.



Gambar 4.7 Hasil asssesment AUN dengan objek Teknik Mesin UNDIP


Berikut ini adalah dengan hasil assessment servqual rule base Asean University Network yang akan disimulasikan dengan grafik. Hasil asssesment servqual rule base AUN dengan objek Teknik Mesin UNDIP yang ditunjukan pada Gambar 4.8.

Gambar 4.8 Hasil asssesment servqual rule base AUN dengan objek Teknik Mesin UNDIP

Dengan hasil correlation yang hampir satu pola atau trend maka diterima. Simulasi grafik untuk penilaian AUN dan servqual rule base AUN ditunjukkan pada Gambar 4.9.

Gambar 4.9 Hasil kolerasi AUN dan asssesment servqual rule base AUN dengan objek Teknik Mesin UNDIP

2.        Program studi teknik kimia
Penilaian atau hasil assessment Asean University Network program studi teknik kimia universitas diponegoro dengan skor 4,27 dan dengan hasil assessment servqual rule base Asean University Network yaitu dengan skor 4,23. Berikut ini adalah hasil kolerasi antara penilaian Asean University Network dengan servqual rule base Asean University Network yang ditunjukan Gambar 4.10.

Gambar 4.10 Hasil asssesment AUN dengan objek teknik kimia UNDIP

Berikut ini adalah dengan hasil assessment servqual rule base Asean University Network yang akan disimulasikan dengan grafik pada Gambar 4.11 Hasil asssesment servqual rule base AUN dengan objek teknik kimia UNDIP

Gambar 4.11 Hasil asssesment servqual rule base AUN dengan objek  Teknik Kimia UNDIP

Dengan hasil correlation yang hampir satu pola atau trend maka diterima. Berikut ini adalah gambar simulasi grafik untuk penilaian AUN dan servqual rule base AUN, yang ditunjukan pada Gambar 4.12.

Gambar 4.12 Hasil kolerasi AUN dan assessment servqual rule base AUN dengan objek Teknik Kimia UNDIP

3.        Fakultas Kesehatan Masyarakat
Penilaian atau hasil assessment Asean University Network Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro dengan skor 4,20 dan dengan hasil assessment servqual rule base Asean University Network yaitu dengan skor 4,15. Berikut ini adalah hasil kolerasi antara penilaian Asean University Network dengan servqual rule base Asean University Network, yang ditunjukan pada Gambar 4.13.
Gambar 4.13 Hasil asssesment AUN dengan objek Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP

Berikut ini adalah dengan hasil assessment servqual rule base Asean University Network yang akan disimulasikan. Hasil asssesment servqual rule base AUN dengan objek fakultas kesehatan masyarakat UNDIP yang ditunjukan Gambar 4.14.
 
Gambar 4.14 Hasil asssesment servqual rule base AUN dengan objek Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP

Dengan hasil correlation yang hampir satu pola atau trend maka diterima. Berikut ini adalah gambar simulasi grafik untuk penilaian AUN dan servqual rule base AUN. Hasil korelasi AUN dan Servqual rule base AUN yang ditunjukan pada Gambar 4.15.
Gambar 4.15 Hasil kolerasi AUN dan asssesment servqual rule base AUN dengan objek Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP

Untuk perhitungan manual mengunakan korelasi yaitu mengunakan rumus (2.4) maka diperoleh hasil regresi linier.
AUN (x)
Servqual (y)
x.y
x2
y2
Chemical Engineering
4.27
4.23
18.0621
18.2329
17.8929
Mechanical Engineering
4.07
4.07
16.5649
16.5649
16.5649
Public Health
4.2
4.15
17.43
17.64
17.2225
Total
12.54
12.45
52.057
52.4378
51.6803
Total^2
157.2516
155.0025

Maka dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata korelasi 0,985 dan hasil uji coba mengunakan SPSS menunjukkan nilai koefisien determinasi 0,971 dengan hasil KD=R*R*100%= 97% dan diperoleh R= 0,971, sedangkan nilai uji F=33.333 dengan signifikan 0,109<0,05 maka menunjukkan regresi dapat dipercaya sebagai interpestasi model.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar